• Mei 4, 2024

Rumah Potong Hewan Mesti Punya Sertifikat Halal, Mendag Ungkap Demi Konsumen

Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan minta segala pengusaha sektor pemotongan binatang dan pemotongan unggas untuk memperkenalkan produk yang higienis. Hal ini menyusul diharuskannya sertifikasi halal bagi rumah pemotongan binatang (RPH) per Oktober 2024 nanti.

Guna menyokong hal hal yang demikian, Mendag Zulkifli meninjau seketika pengerjaan pemotongan di RPH Unggas Rawa Kepiting, Jakarta Timur. Mendag bersama rombongan dikenal tiba di lokasi sekitar pukul 07.00 WIB.

“Jadi saya mengajak segala sbobet indonesia teman-teman yang usaha di bidang peternak ayam untuk melakukan pemotongan ayamnya secara sempurna, halal, sehat, bersih,” ujar Mendag Zulkifli di RPH Unggas Rawa Kepiting, Jakarta Timur, Sabtu (4/5/2024).

Dia membeberkan, pengerjaan pemotongan unggas dengan prinsip halal tadi tujuannya untuk mempertimbangkan produknya higienis sampai di masyarakat. Menurutnya, ini jadi komponen mempertimbangkan hak-hak konsumen.

“Halal itu artinya bersih, sehat agar sekali lagi konsumen dapat memperoleh ayam yang higienis,” katanya.

Mengacu aturan yang dikeluarkan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama, RPH masuk dalam klasifikasi yang diwajibkan mengantongi sertifikat halal. Ini masuk pada komponen produk makanan dan minuman. Batas akhirnya dipatok pada 17 Oktober 2024.

“Itu kira-kira intinya dan Oktober nanti memang sudah tidak ditawar-tawar lagi segala patut gunakan sertifikat halal,” tegas Zulhas, sapaan akrabnya.

Diinformasikannya sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan kebijakan patut sertifikasi halal bagi produsen makanan minuman. Ini termasuk bagi rumah pemotongan binatang (RPH) dan rumah pemotongan unggas (RPU).

Mendag Zulkifli menyebut keharusan sertifikasi halal bagi RPH itu patut dipenuhi paling lambat pada Oktober 2024 mendatang. Menyusul ketentuan dari Badan Penyelenggaran Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama soal sertifikasi halal di produk makanan dan minuman.

“Sementara nanti segala ayam atau ayam potong itu patut ada sertifikat, Oktober udah gak tawar-tawar lagi, Oktober besok patut ada aktanya,” ujar Mendag Zulkifli Hasan saat meninjau RPH Unggas Rawa Kepiting, Jakarta Timur, Sabtu (4/5/2024).